Cara Mudah Mengetahui Lokasi Folder Installasi Software di Windows

Cara Mudah Mengetahui Lokasi Folder Installasi Software di Windows


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mudah mengetahui letak sebuah installasi software windows. Sebenarnya hal seperti ini sangat lah mengganggu kita saat mencari sebuah folder installasi di karenakan ingin mengedit atau merubah suatu file didalamnya. 
Banyak kejadian yang mungkin terjadi disekitar kita seperti saat mau mengcrack (mengaktivasi program secara ilegal) sebuah aplikasi, biasanya kita diberi file exe yang sudah dicrack oleh cracker (sebutan pembobol program secara ilegal) dan kita disuruh untuk mengganti file exe asli dengan yang sudah dalam keadaan crack. Untuk orang awam windows seperti kita mungkin akan kebingungan karena hanya diberi petunjuk meletakkan program di folder installasi sedangkan kita tidak tahu dimana folder tersebut.
Sebenarnya tidak hanya itu saja sih kebutuhan akan mengetahui folder installasi sebuah software windows, kamu juga dapat memanfaakannya untuk mengambil sourcenya dan menyimpannya ke flashdisk untuk dipindah ke komputer/laptop lain. Jadi disini saya akan memberikan tips dan trik dengan mudah dan cepat.

Dengan Cara Standar/Normal

Pada umumnya sebuah aplikasi saat diinstall akan masuk ke sebuah direktori di local disk C. Jika kamu jeli saat proses installasi sebuah program kamu akan melihat petunjuk dimana program tersebut akan diinstall contohnya seperti berikut :
Misalnya kamu sedang menginstall Internet download manager (hanya contoh)
Saat kamu run Setupnya akan muncul jendela dimana kita melakukan proses installasi seperti gambar dibawah ini !

Klik Tombol Next/Lanjut kamu akan diberi beberapa opsi untuk proses isntallasi dan sampai dimana kamu diberi lokasi folder installasi kamu harus bisa mengingatnya !

Disitu bertuliskan folder tujuan C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager Yang bisa diterjemahkan sebagai berikut : Dari My Computer Buka Local Disk C kemudian buka folder Program Files (x86) kemudian buka folder Internet Download Manager. Kamu bisa lihat gambar dibawah ini jika masih bingung.





Disitulah tempat file file Internet download manager yang akan kamu rubah atau timpa.

Cara Simple Tapi Sangat Manjur

Cara berikut saya katakan simple tapi sangat manjur karena kamu dapat melihat lokasi folder installasi hanya dalam kedipan mata (0,0001 second). Cara berikut sangat berguna bagi kamu yang sudah menginstall software tersebut beberapa hari/bulan/tahun sebelum mencoba mengutak atik folder installasinya. Dan juga beberapa file yang tidak diperlihatkan lokasi installasinya saat pada awal install program tersebut. Pokoke joss lah
Cukup kamu pergi ke Dekstop kamu yaki tempat dimana banyak ikon software yang sudah terinstall sebelumnya. Klik Kanan pada software yang akan kamu cari folder installasinya lalu Pilih "Open File Location" lihat gambar kalo kurang jelas !


Secara ajaib kamu akan dibawa ke lokasi folder installasi seperti cara yang standar tadi secepat kilat !

Kesimpulan

Dari tutorial diatas mungkin dapat disimpulkan bahwa ada banyak jalan menuju roma seperti kata pepatah kuno. Saya juga menyarankan untuk menggunakan cara simple tapi sangat manjur karena lebih menghemat waktu dan tenaga. Semoga artikel saya yang berjudul "Cara Mudah Mengetahui Lokasi Folder Installasi Software di Windows" semoga bermanfaat dan terima kasih.

Comments